Cuaca Buruk Hati Hati Longsor Daerah Dataran Tinggi

Kejadian Bencana Alam Cuaca Ekstrim di Kecamatan Tempursari, sbb :

1. Pada hari Minggu tanggal 21 Juni 2020, Pukul 17.00 WIB di wilayah Desa Pundungsari dan Desa Kaliuling terjadi tanah longsor dan pohon tumbang, sedangkan diwilayah Desa Tempursari Kec. Tempursari Kab. Lumajang terjadi genangan air kepemukiman dan areal perkebunan milik warga yang disebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga deras sehingga aliran sungai meluap, karena muara pembuangan air dari sungai/danau menuju laut tidak normal.

2. Kronologi kejadian :
a. Pada pukul 16.00 WIB, wilayah Kec. Tempursari rata-rata terjadi hujan sedang hingga deras dan terjadi peningkatan debit air dialiran sungai yang melintasi pemukiman warga sedangkan tanah ditebing areal perkebunan warga yang terletak ditepi jalan sangat labil apabila terus diguyur hujan dan mudah terjadinya longsor maupun pohon tumbang.

b. Pukul 17.00 WIB, cuaca hujan terus terjadi sehingga menyebabkan bencana alam dibeberapa Desa, antara lain:
1) Debit air sungai di Dusun Krajan dan Dusun Tempursari Ds. Tempursari Kec. Tempursari meluap kepemukiman dan perkebunan milik warga dengan ketinggian rata-rata ± 40 Cm s.d 70 Cm.
2) Tanah longsor dan pohon tumbang yang menutup bahu jalan Desa Pundungsari *panjang ± 25 M, Tinggi Matrial 1 s.d 2,5 M* dan Desa Kaliuling Kec. Tempursari *panjang ± 6 Meter, Tinggi material ± 1 Meter* sehingga arus lalin dari Kec. Tempursari menuju Kec. Pronojiwo Kab. Lumajang tertutup total.

c. Pukul 17.10 WIB, kejadian tersebut oleh warga sekitar dilaporkan kepada BPBD dan Muspika dan ditindaklanjuti.

d. Pukul 17.15 WIB, Babinsa Desa Pundungsari dan Desa Kaliuling beserta anggota Koramil 0821/18 Tempursari dan masyarakat tiba di lokasi kejadian kemudian langsung membersihkan material tanah dan pohon tumbang yang mengganggu arus lalin menggunakan alat seadanya berupa cangkul, skop, arko dan parang, karena material cukup berat disarankan menggunakan alat berat.

e. Pukul 17.15. WIB, anggota Koramil 0821/18 Tempursari bersama Pemdes dan relawan mendatangi TKP untuk membantu masyarakat diwilayah Dusun Krajan dan Dusun Tempursari Desa Tempursari Kec. Tempursari yang terdampak banjir dan genangan air kedalam rumah maupun areal perkebunan milik warga kemudian membantu mengamankan peralatan rumah tangga yang rumahnya tergenang air dengan ketinggian ± 40 Cm s.d 70 Cm.

f. Pukul 19.30 WIB, curah Hujan diwilayah Kecamatan Tempursari sudah mulai reda dan debit air mulai menurun sedangkan aktivitas warga yang terdampak melakukan pembersihan perabotan rumah tangga miliknya.

g. Pukul 20.30 WIB, 1 Unit alat berat Loader milik BPBD Kab. Lumajang berangkat menuju lokasi kejadian akan tetapi karena route yang akan dilalui cukup jauh rencana apabila sudah sampai diwilayah Kec. Pronojiwo akan Transit terlebih dahulu kemudian besok pagi bergerak kembali menuju sasaran tanah longsor yang menutup akses jalan raya yang menghubungkan Kec. Tempursari s.d Kec. Pronojiwo Kab. Lumajang.

h. Pukul 21.30 WIB, Pembersihan material longsor di Desa Kaliuling belum maksimal namun sementara sudah bisa dilalui mobil Station sedangkan di Desa Pundungsari materialnya cukup berat menunggu alat berat dari BPBD Kab. Lumajang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *