Profil

Visi dan Misi Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lumajang

 

Dengan mengacu kepada visi dan misi pembangunan Kabupaten Lumajang untuk periode pembangunan 2015-2019, serta dengan berlandaskan kepada hasil kajian risiko bencana daerah Kabupaten Lumajang; maka Visi Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lumajang adalah:

 

Terwujudnya Perencanaan, Koordinasi, Komando dan Pelaksanaan

Dalam Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana

Yang Tanggap, Tangkas dan Tangguh”

 

Secara filosofi visi tersebut dapat dijelaskan melalui makna yang terkandung didalamnya, yaitu :

  • Terwujudnya, terkandung upaya dan peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lumajang dalam mewujudkan tercapainya visi Kabupaten Lumajang yang terjalin secara sinergi dan dinamis seluruh stakeholder’s dalam merealisasikan secara terpadu.
  • Perencanaan, Proses, Cara, Perbuatan merencanakan (Merancangkan)
  • Koordinasi, Mengatur suatu organisasi atau kegiatan sehingga peraturan dan tindakan yang akan dilaksanakan tidak saling bertentangan dan simpang siur.
  • Komando, Aba-aba, Perintah yang disiapkan dan diorganisasi untuk dilakukan dengan teratur dan terarah.
  • Melaksanakan Penanggulangan Bencana, serangkaian upaya yang meliputi penetapan kebijakan pembangunan yang berisiko timbulnya bencana, kegiatan pencegahan bencana, tanggap darurat, dan rehabilitasi.
  • Tanggap, Serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan segera pada saat kejadian bencana untuk menangani dampak buruk yang ditimbulkan, yang meliputi kegiatan penyelamatan dan evakuasi korban, harta benda, pemenuhan kebutuhan dasar, perlindungan, pengurusan pengungsi, penyelamatan, serta pemulihan prasarana dan sarana.
  • Tangkas, Cepat, Cekatan, Pandai, Sigap, Gesit tentang gerakan, sangat menentukan keberhasilan tugas dilapangan.
  • Tangguh, dapat diartikan ”siap” dan ”mampu”.

Pengertian ”siap” disini dimaksudkan merupakan kesiapan masyarakat dalam menghadapi bencana serta mampu mengatasi bencana.

Pengertian ”mampu” disini dimaksudkan bahwa masyarakat mampu melakukan tindakan recovery (pemulihan) pada pasca bencana, dan tidak tergantung/ menunggu bantuan dari Pemerintah.

 

Visi dijabarkan lebih lanjut ke dalam Misi yang akan menjadi tanggung jawab Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang. Dengan pernyataan misi diharapkan seluruh anggota organisasi dan pihak yang berkepentingan dapat mengetahui dan mengenal keberadaan serta peran instansi pemerintah dalam menyelenggarakan tugas pemerintahan.

 

Untuk mewujudkan visi tersebut, maka Misi Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lumajang yang perlu dilaksanakan dan dicapai adalah:

  1. MENINGKATKAN PENCEGAHAN DAN KESIAPSIAGAAN PENANGGULANGAN BENCANA SERTA MENYEDIAAN LOGISTIK YANG MEMADAI BAGI KORBAN BENCANA.
  2. MENINGKATKAN FUNGSI PENANGANAN KEDARURATAN, REHABILITASI DAN REKONTRUKSI AKIBAT BENCANA.

 Struktur BPBD Kab. Lumajang

struktur-bpbd-1

Waktu
18-Jan-17 / 17:51:39 WIB
Lokasi
7.14 LS / 105.31 BT
Magnitude
5.2 SR
Data Wilayah
122 km BaratDaya LEBAK-BANTEN
Kedalaman
10 Km